Menu Pilihan

Populasi dan Keragaman Anggrek Species Indonesia







Di Indonesia Tanaman Anggrek Spesies banyak sekali keragamannya, Unik, berkwalitas unggul dan berbunga cantik sehingga sangat potensial menjadi tanaman indukan atau bunga Potong Apalagi Anggrek-anggrek spesies itu nilai komersialnya sangat tinggi.
Namun Anggrek spesies tersebut di habitat asalnya mengalami penyusutan yang tajam. Sebagai Misal Anggrek Hitam Kalimantan yang Populasinya sudah memprihatinkan, tetapi dilain sisi Anggrek tersebut banyak diperjual belikan di luar negeri. Sungguh sangat dilematis.
Apalagi banyak hobis Domestik yang lebih menyukai anggrek Silangan/ Hibrid dari negara asing (produk luar negeri). Padahal disadari atau tidak Hibrid-hibrid tersebut bisa juga hasil dari Tanaman Induk Spesies kita.
Akan sangat berarti bila masyarakat kita bisa membudidayakan/ melestarikan tanaman Anggrek spesies tersebut ataupun dapat menyilangkan anggrek Spesies tersebut sehingga dapat meningkatkan Ekonomi, menambah tenaga kerja serta menambah devisa Negara karena peluang pasar baik dari dalam negeri maupun luar negeri masih terbuka.
Jangan sampai Anggrek Spesies kita punah di negeri sendiri karena diboyong ke negara lain dan kita jumpai hanya Anggrek hibridnya saja. Paling tidak kita berusaha untuk mewujudkan/ melestarikan Anggrek Spesies kita menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar